Kamis, 21 Agustus 2008

Contoh efek foto robek

sumber: mbahdewo.com
kunjungi web ini yach!

Dipublikasikan tanggal 23 Mar 2008
Ditulis dalam kategori Efek Foto, Efek Photoshop, oleh Sadewo

Gambar tutorial efek foto robekTutorial Photoshop yang sekarang ini untuk menampilkan gambar contoh desain , sebagai contoh pembuatan efek pada foto. Tujuannya untuk membuat efek foto yang terobek sebagian. Pada gambar ini saya gunakan foto saya sendiri waktu masih gondrong dulu (sekitar akhir tahun 2005). Saya mulai memanjangkan rambut sesudah lulus kuliah, sampai mau menikah baru potong rambut. Foto ini dulu saya ambil dengan tripod di kamar.

Pada gambar ini, foto saya potong menjadi dua bagian dengan seleksi kemudian diubah letak layernya sehingga nampak terpisah. Untuk membuat kesan lebih dramatis saya beri efek bayangan.

Langkah Membuat Efek Foto Robek

Langkah 1
Bukalah gambar yang akan Anda olah dengan Photoshop.

Tutorial Photoshop foto robek image 1

Langkah 2
Buatlah seleksi pada gambar dengan menggunakan lasso tool. Buatlah agar seleksinya memotong sebagian dari gambar hingga ke salah satu tepinya (piye ki le ngomongke ra jelas), lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar ilustrasi tutorial dibawah ini.

Tutorial Photoshop foto robek image 2

Langkah 3
Simpan hasil seleksinya, dengan memilih menu Select > Save Selection.

Tutorial Photoshop foto robek image 3

Langkah 4
Pilih channel hasil seleksi pada palet channel.

Langkah 5
Pilih menu Filter > Pixelate > Crystalize. Isikan nilai 3 (ukurannya bisa disesuaikan sendiri, namun jika slider digeser minimalnya tetap cuma 3). Klik OK. Tujuan langkah ini untuk membuat tepian seleksi menjadi tidak rata secara otomatis.

Tutorial Photoshop foto robek image 4

Langkah 6
Klik icon Load channel as selection.

Tutorial Photoshop foto robek image 5

Langkah 7
Klik channel RGB. Langkah 6 dan 7 ini tujuannya agar kita kembali ke channel seperti awal namun sudah mempunyai seleksi yang tidak rata.

Langkah 8
Tekan Ctrl + J, tujuannya untuk membuat duplikat hasil potongan seleksi.

Langkah 9
Klik layer Background (yang masih merupakan foto asli dan belum dipotong). Tekan Ctrl + J. Ini akan membuat layer Background copy.

Tutorial Photoshop foto robek image 6

Langkah 10
Ctrl + klik pada nama layer 1 (yang merupakan layer hasil potongan). Layer yang aktif masih tetap pada layer Background copy.

Langkah 11
Sekarang tekan tombol Delete. Ini untuk menghapus area yang berada dalam seleksi. Kemudian hilangkan seleksi, dengan cara memilih menu Select > Deselect.

Langkah 12
Klik atau pilih layer Background. Isi layer ini dengan warna putih. Caranya dengan memilih menu Edit > Fill. Pada bagian Use=White, Opacity=100%.

Tutorial Photoshop foto robek image 7

Langkah 13
Aktifkan atau pilih layer 1. Atur ukuran dan posisinya dengan cara memilih menu Edit > Free Transform. Begitu juga dengan layer Background copy.

Tutorial Photoshop foto robek image 8

Langkah 14
Untuk menambah kesan hasil robekan, bisa ditambahi dengan efek bayangan. Pada tutorial Photoshop ini saya gunakan Layer > Layer style > Drop shadow.

Tutorial Photoshop foto robek image 9

Catatan: Jika Anda ingin seluruh gambar bisa ditampilkan sehingga bagian yang terputar pada langkah 13 tadi tidak nampak terpotong, caranya dengan Anda lakukan pilih menu Image > Reveal All. Berikut ini gambar hasil pembuatan efek foto robek.

Tutorial Photoshop foto robek image 10

Selamat mencoba dan berkreasi dengan Photoshop.

0 komentar: