Kamis, 21 Agustus 2008

Membuat Foto Berwarna Sebagian

sumber: mbahdewo.com

Ditulis dalam kategori Efek Foto, oleh Sadewo

Pada artikel tutorial Photoshop kali ini, akan saya gunakan untuk belajar cara membuat foto yang sebagian berwarna dan sebagian lagi hitam putih. Tutorial ini juga sekaligus untuk menjawab beberapa komentar yang masuk ke blog ini. Sebenarnya cara ini mudah sekali, asalkan kita bisa membuat seleksi pada gambar fotonya.

Pada tutorial Photoshop kali ini, saya akan membuat gambar yang salah satu obyeknya berwarna, tapi background dan obyek lainnya nampak hitam putih.

Langkah membuat foto yang sebagian berwarna hitam putih

Langkah 1
Bukalah gambar yang akan kita olah dengan Photoshop.

foto berwarna sebagian 1

Pada contoh tutorial ini, saya menggunakan foto saya sendiri, waktu berfoto bareng sama Pak Wisoko. Ini foto waktu ulang tahun Smile Group yang ke-sepuluh.

Langkah 2
Buatlah seleksi pada gambar / obyek yang kita kehendaki. Dalam tutorial ini, obyek yang akan tetap dibuat berwarna adalah foto saya sendiri. Sedangkan yang akan dibuat menjadi hitam putih adalah foto Pak Wisoko dan latar belakang fotonya.

Untuk pembuatan seleksi ini, saya menggunakan gabungan antara penggunaan path dan channel.

foto berwarna sebagian 2

Jika penggunaan kedua tool tersebut belum dikuasai, secara alternatif Anda juga bisa menggunakan magnetic lasso, atau tool-tool seleksi lainnya.

Langkah 3
Berikut ini adalah gambar yang sudah diseleksi pada bagian foto saya.

foto berwarna sebagian 3

Pada gambar diatas, terbagi dua area yang saya beri tanda dengan huruf A dan B.
A adalah bagian yang berada di luar seleksi.
B adalah bagian yang berada di dalam seleksi.
Karena bagian yang akan dibuat hitam putih adalah bagian A, sementara bagian tersebut justru berada pada luar area seleksi. Oleh karena itu pada langkah berikutnya kita perlu membalik area seleksinya. Lakukan ini dengan cara memilih menu Select > Inverse.
Setelah kita Inverse, maka yang berada di dalam area seleksi adalah bagian A. Jika gambar yang akan Anda buat menjadi hitam putih tidak terbalik area seleksinya, maka langkah ke-tiga ini (Inverse) tidak perlu dilakukan.

Langkah 4
Pilih menu Image > Adjustment > Desaturate. Gambar dalam seleksi akan menjadi hitam putih.

Langkah 5
Hilangkan seleksinya, lakukan ini dengan cara memilih menu Select > Deselect.

tutorial foto berwarna 4

Gambarnya sudah jadi, dan selamat mencoba tutorial Photoshop yang mudah ini. Caranya mudah, namun kadang yang sulit adalah pembuatan seleksinya. Tapi ingat bahwa dengan sering berlatih maka Anda pasti bisa.

0 komentar: