Kamis, 11 September 2008

Mengatur tepi seleksi pada Photoshop CS3

Sumber: Mbahdewo.com

Tutorial kali ini saya gunakan untuk membahas tentang pengaturan tepi seleksi. Terutama bagi yang sedang belajar menggunakan Photoshop CS3, saya juga. Karena memang belum lama menggunakan versi CS3 / versi 10 ini. Perbedaan dengan Photoshop versi sebelumnya adalah munculnya pengaturan tepi seleksi menggunakan Refine Edges (bisa dipilih dari menu Select > Refine Edge ). Pada kotak dialog ini terdapat beberapa pengaturan seperti Feather, seperti yang kita ketahui feather itu dulunya merupakan submenu sendiri dalam menu Select, namun kali ini dimasukkan dalam sebuah kotak dialog tersendiri. Yang akan saya bahas sekarang adalah tentang Refine Edge ini.


Adapun tampilan dari kotak dialog Refine Edge adalah sebagai berikut.


tutorial seleksi CS3 gambar 1


Pada kotak dialog Refine Edge ini, terdapat beberapa pengaturan sebagai berikut:



  1. Radius

    Digunakan untuk menentukan luas daerah yang diatur dalam keseluruhan pengaturan di kotak dialog Refine Edge ini.

    tutorial seleksi CS3 gambar 3

  2. Contrast

    Digunakan untuk mempertegas garis tepi seleksi. Dengan nilai pengaturan yang tinggi, akan membuat seleksi nampak semakin tegas/kuat.

    tutorial seleksi CS3 gambar 4

  3. Smooth

    Digunakan untuk memperhalus garis tepi seleksi. Apabila ada tepian seleksi yang begerigi, maka dengan memberi nilai pengaturan yang tinggi, tepi yang bergerigi tersebut bisa diperhalus.

    tutorial seleksi CS3 gambar 5

  4. Feather

    Digunakan untuk membuat perbatasan antara area dalam seleksi denga yang diluar area seleksi menjadi semakin tidak jelas / kabur.

    tutorial seleksi CS3 gambar 6

  5. Contract/Expand

    Digunakan untuk memperluas dan mempersempit area seleksi. Meluas atau menyempitnya area seleksi ini dihitung dari seleksi semula, kemudian arah perubahannya menyebar baik kearah luar maupun dalam. Dalam kata lain, misalnya ada sebuah gambar seleksi lingkaran maka bayangkanlah lingkaran tersebut membesar atau mengecil. Pengaturan ini merupakan perkembangan selanjutnya dari Contract dan Expand yang merupakan submenu dari Photoshop versi sebelumnya.


Dalam kotak dialog Refine Edge ini, Photoshop CS3 juga menambahkan pilihan tampilan pengaturan seleksi. Saat kita sedang mengatur dengan Refine Edge, terdapat 5 tampilan yang bisa kita ganti-ganti dengan cepat.


tutorial seleksi CS3 gambar 2


Sebenarnya bisa dikatakan ini bukanlah fasilitas baru namun sebuah pengembangan dari tool Photoshop pada versi yang sebelumnya. Namun dengan menyatukan tool-tool yang setipe dan penambahan pilihan tampilan seperti diatas tadi, akan mempermudah kita untuk membuat dan melihat perkiraan hasil jadi dari seleksi.


Tutorial yang terkait


Sumber: Belajar Tutorial Photoshop

0 komentar: