Kamis, 21 Agustus 2008

Membuat foto hitam putih jadi warna

Sumber: mbahdewo.com

Pada tutorial Photoshop kali ini, kita akan belajar cara membuat foto yang hitam putih menjadi berwarna. Karena dalam versi 7, CS3 atau berapapun, Photoshop itu hanyalah sebuah program, maka tentunya tidak akan bisa mengetahui seperti apa warna yang ada sesungguhnya. Berbeda dengan cara untuk membuat foto menjadi hitam putih, kita tinggal menggunakan Photoshop untuk menghilangkan informasi warnanya saja. Untuk membuat foto jadi berwarna lagi, kita harus manual saat memberikan warna.

Ada dua cara yang bisa kita lakukan untuk mewarnai foto, cara yang lebih sederhana (yang akan saya bahas lagi kapan-kapan), dan cara yang lebih panjang namun bisa diperoleh hasil yang lebih bagus. Cara yang lebih panjang ini yang akan saya bahas pada tutorial kali ini. Cara ini dulu pernah juga saya bahas di dewo.web.id namun dalam bahasa inggris (tidak usah dicari blognya, karena sudah tidak saya lanjutkan lagi).

Langkah mewarnai foto hitam putih menjadi berwarna

Langkah 1
Bukalah sebuah foto Anda yang berwarna hitam putih. Jika ingin latihan namun tidak mempunyai yang hitam putih, buat saja dulu dengan menerapkan pengaturan warna pada menu Image > Adjustment > Desaturate, atau dengan cara lain misalnya seperti yang ini.

Pada tutorial Photoshop kali ini, saya gunakan sebuah foto saya dan teman-teman saya waktu sedang pergi ke pantai Baron, Yogyakarta (sekitar tahun 1996). Foto ini memang aslinya hitam putih, karena saat itu yang motret memang sedang memperdalam kemampuannya dalam fotografi dengan film hitam putih. Foto-foto pada saat itu diambil dengan dua kamera, yang satu hitam putih (milik Mas Aqim) dan satunya lagi berwarna (milik Mas Rafit).

tutorial photoshop hitam putih ke warna 1
Dari kiri ke kanan: Agung, Aqim, Najih, Five, Bagyo, Slamet, Udin, Dewo, Rafit

Sayangnya hasil pindai foto ini agak buram, karena ini dipindai pada sekitar tahun 1997. Waktu itu di Yogyakarta masih sangat sulit untuk mencari persewaan scanner. Dan saya sendiri masih awal mempelajari Photoshop, sama sekali belum tahu dengan resolusi. Seandainya waktu itu saya ditanya resoLusi itu apa, pasti saya jawab itu nama mahasiswi cakep, seorang adik angkatan yang asalnya dari Solo.
:)

Langkah 2
Kliklah icon New Adjustment Layer, icon ini terletak pada sebelah bawah dari palet layer. Pada gambar dibawah ini saya beri tanda lingkaran merah. Kemudian pilihlah Levels. Silahkan dibaca tutorial yang ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang pengaturan Levels.

tutorial photoshop hitam putih ke warna 2

Setelah memilih Levels, maka akan muncul kotak dialog pengaturannya. Aturlah agar gambar menjadi lebih terang warnanya. Ubahlah agar warna putih pada foto menjadi tidak begitu putih. Anda bisa mengacu pada pengaturan dibawah ini, namun tidak perlu persis. Aturlah sesuai dengan kondisi foto yang sedang Anda edit.

tutorial photoshop mewarnai foto 3

Tujuan langkah ini adalah untuk membuat agar gambar lebih terang, sehingga kita bisa melihat bagian-bagian gambar yang warnanya gelap dengan lebih detil. Kenapa saya menggunakan Adjustment Layer dan bukan dari menu Image > Adjustment? Karena kita bisa menghilangkan pengaturan Levels itu dengan mudah dan mengembalikannya ke kondisi warna semula. Lebih lanjut, silahkan dibaca pada tutorial tentang Adjustment Layer.

Langkah 3
Sekarang buatlah seleksi pada bagian kulit dari semua orang yang ada pada foto tersebut. Baik itu pada bagian wajah, tangan dan lainnya. Tentang pembuatan seleksi ini, Anda bisa menggunakan banyak cara. Seleksi kalau bisa dilakukan secara detil, namun karena kondisi foto ini sendiri sangat kurang dan tidak jelas hasil pindainya, maka untuk membuat seleksi saya gunakan pen tool.

Dengan pen tool, saya bisa membuat garis path yang bisa saya sesuaikan sendiri bentuknya. Jadi apabila ada bagian yang tidak jelas, maka saya tentukan sendiri bentuknya seperti apa. Misalnya pada gambar tangan dari Bagyo dan Udin. Karena berada pada bagian hitam yang sudah tidak jelas lagi, maka saya mengkira-kira sendiri seperti apa bentuk tangannya.

Berikut ini gambar foto yang diseleksi pada bagian kulitnya.

tutorial photoshop mewarnai foto 4

Langkah 4
Setelah seleksinya jadi, sekarang tekan Ctrl + J pada keyboard. Tujuan langkah in adalah untuk membuat sebuah layer baru yang merupakan hasil potongan seleksi tadi. Sekarang pada palet layer akan muncul layer baru dengan nama Layer 1. Kemudian pastikan icon gambar mata palet Adjutment layer dalam kondisi tidak aktif (lihat gambar lingkaran hijau dibawah ini).

tutorial photoshop mewarnai foto 5

Agar tidak membingungkan pada langkah-langkah berikutnya, ubahlah nama palet ini dengan nama yang sesuai. Misalnya pada layer ini saya beri nama Kulit.

tutorial photoshop mewarnai foto 6

Dengan cara seperti ini, maka kita bisa mengolah bagian warna kulit saja, tanpa mempengaruhi bagian lain dari gambar. Bahkan gambar aslinya juga tidak akan terpengaruh, karena berada pada layer yang berbeda.

Langkah 5
Sekarang pilih menu Image > Adjustment > Hue/Saturation. Kita akan mengatur warna kulit ini agar nampak seperti warna kulit sesungguhnya. Caranya dengan memberi tanda cek pada pilihan Colorize dulu, kemudian menggeser-geser slider pada Hue, Saturation, dan Lightness. Lebih lanjut tentang Hue / Saturation, bisa dibaca pada tutorial ini.

tutorial photoshop mewarnai foto 7

Jika warna yang kita atur ini dirasakan kurang sesuai, tidak jadi masalah karena masih bisa diatur ulang lagi nantinya.

Langkah 6
Sekarang pilihlah lagi layer background, pastikan icon mata pada Layer Adjustment dalam kondisi aktif lagi. Kemudian ulangilah mulai langkah ke-3 hingga ke-5, kita buat seleksi lagi, namun kali ini kita seleksi bagian lain dari foto. Misalnya kita seleksi dulu bagian baju dari per orang yang ada dalam foto. Ubahlah warnanya menggunakan Hue / Saturation juga.

tutorial photoshop mewarnai foto 8

Ulang-ulang langkah diatas pada setiap bagian dari gambar yang ingin kita beri warna. Berikut ini gambar yang sudah sebagian diberi warna. Perhatikan juga jumlah layer berikut nama-namanya.

tutorial photoshop mewarnai foto 9

Pada setiap bagian saya buat dalam layer yang berbeda dengan Photoshop, dengan nama layer yang berbeda pula.

Langkah 7
Pilih / aktifkan lagi layer background. Bisa dilihat pada gambar berikut ini, ada beberapa bagian dari gambar rambut yang warnanya agak putih. Bagian tepi dari rambut tersebut akan kita buat menjadi berwarna lebih hitam. Cara yang saya gunakan untuk membuatnya menjadi hitam adalah dengan menggunakan Burn tool (lihat tanda lingkaran merah pada gambar dibawah ini).

tutorial photoshop mewarnai foto 10

Burn tool saya pilih dengan melakukan pengaturan pada Range dan Exposure-nya (lihat tanda lingkaran biru pada gambar diatas). Range bisa dipilih-pilih antara Midtone dan Highlight, sedangkan Exposure diatur pada nilai yang rendah. Sapukan Burn tool pada bagian tepi rambut tersebut (lihat tanda lingkaran biru pada gambar tutorial diatas).

Langkah 8
Jika sudah semua bagian Anda beri warna, maka bisa dikatakan bahwa gambarnya sudah jadi. Jika ada warna yang ingin diubah lagi, tinggal diubah saja. Karena masing-masing berada pada layer yang berbeda, pengaturannya akan lebih mudah dilakukan. Berikut ini gambar layer yang saya gunakan untuk mewarnai foto tersebut.

tutorial photoshop mewarnai foto 11

Berikut ini gambar foto yang sudah diberi warna.

tutorial photoshop mewarnai foto 12

Catatan:
Untuk memberi warna pada foto ini, saya mengacu pada foto-foto lain yang ada foto saya dan teman-teman saya tersebut. Jadi bisa mengingat warna baju-baju mereka.

Selamat mencoba langkah-langkah tersebut, buatlah foto-foto kenangan Anda agar jadi berwarna dengan Photoshop.

1 komentar:

Nama: zulmy arfan Asal: Kuala lewat kota Binjai Sumatera Utara mengatakan...

Kereeeenn.....
keren banget blognya...
butuh berapa lama untuk menyempurnakan blog kek gini...??