Kamis, 21 Agustus 2008

Membuat Style Tetesan Air

sumber: mbahdewo.com

Ditulis dalam kategori Efek Foto, Efek Photoshop, oleh Sadewo

Tutorial Photoshop kali ini akan kita gunakan untuk mempelajari cara membuat sebuah style yang bisa dipakai untuk memberi efek tetesan air. Efek ini dibuat sebagai style agar dengan mudah bisa kita terapkan lagi pada gambar-gambar yang lain. Style merupakan sebuah fasilitas pada photoshop untuk menerapkan satu set kumpulan efek pada Layer style.

Langkah membuat efek tetesan air dengan Photoshop

Langkah 1
Bukalah sebuah foto yang akan diberi efek tetesan air. Pada tutorial kali ini saya gunakan sebuah file punya windows yang namanya Blue hills ( biasanya ada di My Documents \ My Pictures ).

efek style tetesan air 1

Langkah 2
pada file tersebut, buatlah sebuah seleksi dengan tool seleksi, misalnya Eliptical marque tool atau yang lain. Pada contoh tutorial kali ini, saya buat sebuah seleksi dengan bentuk oval (elips). Seleksinya tidak usah besar-besar, kecil aja.

efek style tetesan air 2

Langkah 3
Setelah seleksinya jadi, buat sebuah layer baru. Dengan cara mengeklik icon New Layer di palet layer. Seperti gambar ilustrasi di bawah ini.

efek style tetesan air 3

Langkah 4
Isi layer baru tadi dengan warna hitam seukuran seleksi tadi. Caranya dengan memilih menu Edit > Fill. Pada bagian Use pilihlah black.

efek style tetesan air 4

Langkah 5
HIlangkan seleksinya, lakukan dengan memilih menu Select > Deselect

Langkah 6
Pada palet layer, aturlah agar fill opacity menjadi minimal.

efek style tetesan air 5

Langkah 7
Pilih menu Layer > Layer style > Dropshadow
Buatlah pengaturannya seperti gambar dibawah ini. Jangan klik OK-nya dulu.

efek style tetesan air 6

Langkah 8
Masih pada kotak dialog layer style, pilihlah Inner Shadow. Buat pengaturannya seperti dibawah ini. Jangan klik Ok dulu, (Tanya: emang kenapa sih jangan diklik dulu: Jawab: rahasia donk.. )

efek style tetesan air 7

Langkah 9
Masih bertahan di kotak dialog layer style, pilihlah Inner Glow, lakukan seperti gambar dibawah ini.

efek style tetesan air 8

Langkah 10
Pilih Bevel and Emboss, masih di kotak dialog layer style ini juga. Atur pengaturannya seperti gambar dibawah ini.

efek style tetesan air 9

Langkah 11
Sekarang efek-efek ini akan kita simpan. Caranya dengan memilih mengeklik tombol New Style.

efek style tetesan air 10

Kemudian saat muncul kotak dialog New Style, isikanlah nama yang Anda inginkan, misalnya dalam tutorial ini saya beri nama Tetesan Air, kemudian klik OK.

Setelah ini, silahkan diklik OK pada kotak dialog Layer Style (sebenarnya sejak langkah 7 - 9, bisa juga langsung di OK, namun akan lebih mudah jika baru sekarang ngeklik OK-nya).

Sekarang kita sudah mempunyai sebuah layer style yang siang digunakan untuk membuat efek tetesan air.

Untuk mencoba style ini, pada foto yang kita olah tadi, buatlah seleksi seperti dibawah ini. Seleksi ini dibuat dengan eliptical marque (sama seperti langkah ke-2). Namun jumlahnya kita buat banyak (pastikan Anda sambil menekan tombol Shift saat membuat seleksi ini).

efek style tetesan air 11

Lakukan lagi langkah 3, 4, dan 5.

Setelah itu klik icon style Tetesan Air yang ada pada palet style.

efek style tetesan air 12

Berikut ini gambar yang sudah kita beri efek tetesan air dengan Style-nya Photoshop.

efek style tetesan air 13

Selamat mencoba dan berkreasi dengan Photoshop. Pada post tutorial berikutnya kita akan belajar cara menerapkan efek ini pada sebuah tulisan.

UPDATE (tanggal 25 April 2008)
Bagi yang pingin langsung mencoba saja, tanpa membuat style ini, silahkan diunduh (maksudnya di donwload. Aneh juga terjemahan download kok diunduh, koyo ngunduh seko uwit wae) style buatan saya ini di sini: Style Tetesan Air. Kemudian di load pada Photoshop, dari palet Styles.

UPDATE (tanggal 11 Juli 2008)
Tautan download diatas sudah saya perbarui, file style-nya juga saya buat lagi dengan Photoshop 7.0 agar bisa digunakan pada Photoshop mulai versi 7.0 hingga CS3.

0 komentar: